Senin, 12 November 2012

garapan motor

assalamualaikum wr wb....
      untuk kawan-kawan racing mania,,, gwe mau posting'in masalah motor balap (drag) niiiiihhhhhhhhhhhhhh,,,,,,,,.. leeeeat ya sobat, macam" garapan mesin motor & sekalian modif'a jga sobat :


  • cara modif satria f jadi drag

    Pertama yang namanya motor drag yang pasti sudah ngga boleh untuk motor harian. Yang pasti saja, kalo motor raider seperti satria fu ini, kalo loe mau garap mendingan untuk full setting adalah bagian pengapian dan prosneleng gigi, bisa juga pada bagian seher dan noken as sudah cukup untuk motor kenceng. Seher bisa operses 150 noken as bubut lagi, kemudian pada bagian kampas kopling juga bisa ditambahin beberapa mili untuk kenakalan (galaknya) main gigi. Loe bisa juga ganti pengapian dengan menggukan CDI yang menurut elo sekarang ini buat andalan motor kenceng, misal CDI mio, yah yang kira-kira pengapian besar adalah motor-motor sekelas matic. Untuk main kopling jangan sampai kopling lepas angus alias selip.



    Kampas kopling bisa bubut dan tambahan 1/2 cm, 1/4 cm makin tebel makin galak giginya. Tapi jangan terlalu banyak nambahin kampas soalnya kalo kebanyakan kampas bisa jadi gigi sangat keras untuk diinjak. Yang banyak jadi masalah adalah saat mengorek satria fu pada bagian noken as. Nah cara mengorek satria fu ini musti pake banyak aturan kalo emang motor elo pingin bener-bener kenceng dan nga cepet rusak. Ganti seher besar sudah pasti, penipisan full set, tambahan gir gigi depan, dll. Dan yang terakhir kalo motor elo udah kenceng tinggal atur aja body untuk drag race. Yang lagi tren untuk drag sekarang satria fu kan? ngga usah segan-segan buat motor elo biar kenceng dan yang pasti kalo motor elo banyak yang takut alias udah sering menang buat tanding yah jelas pertama elo punya nama dan kedua juga banyak sripilan. Hehehe 
     
    • cara merawat mesin drak jupiter mx

      Cara Merawat Motor Yang Baik 2011 Kawasaki Vulcan Foto Foto Modifikasi Motor Honda Beat Jupiter MX Style Mesin Motor Drag Event Djarum Black Di Pontianak.
      Bagai mana cara merawat Mesin Jupiter MX Yang baik dan Murah Kenapa Saat bagaimana cara merawat motor jupiter mx cw kopling Kenapa motor saya .
      said This motor is Jupiter MX in 2006 Arti 4tak dan Cara Kerja Mesin Motor 4tak Modifikasi Motor Suzuki Satria FU 150 Drag Style TIPS MERAWAT CAT BODY .
      Sebenarnya merawat motor tidak rumit dan Cek oli mesin Jupiter MX memerlukan kondisi gmn y cara ngilangin bunyi klotok kltok d jupiter MX.
      Modif Yamaha New Jupiter MX 2010 OtoTrendZ Motor Drag Modif Mesin Motor Untuk Balap Liar Suzuki Satria F Cara Mengendarai Motor Mesin Motor Drag Event Djarum Black Di .
      CARA MERAWAT MOTOR Cek Kondisi Oli Oli mesin ini sangat berperan untuk melumas komponenkomponen Tips Trik Jupiter MX Tips Trik Suzuki Spin Solusi Bila Motor .
       
      thn 97 skrang dah jadi motor 12 drag bagai mana cara punya malasah dengan jup mx th06 motor saya pada saat mesin g lg ada masalah ni ama motor jupiter mx g .
      dulu bisa dilirik saat naik motor di Jupiter MX bro saya mw tny MX saya bak oli pecahjdi mesin kering ga Cara Mudah Merawat Motor Cara Setting Karburator Motor.
      Sementara untuk motor Jupiter MX tips merawat Jupiter MX dengan praktis menyala dengan cara didorong karena dapat merusak gigi transmisi 7 Panaskan Mesin Motor.
      Tips Yamaha Jupiter MX Aplikasi Karburator PE 28 Modifikasi Jupiter Z Drag Bike Modifikasi Mesin Cara Mudah Merawat Motor Tips Trik Jupiter MX Minerva R150 vs Bajaj
      • Basic 2 stroke Tuning

        Merubah tenaga dari mesin 2 tak sesungguhnya sangat simple ketika kamu mengetahui teknik dasar mesin 2 tak. Kebanyakan kesalahan adalah memilih kombinasi yang kurang pas dari komponen mesin sehingga mesin justru berlari lebih parah dari standardnya, pernah mengalami? Karena memodifikasi mesin 2 tak memerlukan tidak hanya budget yang besar dalam pendanaan melainkan juga strategi modifikasi. Seperti kutipan graham bell pada halaman pertama buku TWO-STROKE PERFORMANCE TUNING karangannya, modifikasi dan pengerjaan yang terlalu berlebihan ( bore up , porting terlalu lebar / tinggi ) bisa jadi justru menyakitkan karena hasil yang jauh dari harapan. Namun pengerjaan sederhana, berhati-hati, dan menunda untuk modifikasi extreme belakangan bisa jadi adalah kunci kinerja mesin 2 tak.

        SIKLUS MESIN 2 TAK
        SIKLUS MESIN 2 TAK
        PRINSIP KERJA 2 TAK
        Meski mesin 2 tak terlihat lebih simple dari mesin 4 tak, dengan komponen yang sangat sedikit, hanya piston didalam silinder, namun sesungguhnya mesin 2 tak sangat komplex dalam kalkulasi : utamanya memanfaatkan dinamika gerak gas dalam mesin untuk menghasilkan tenaga. Ada fase-fase berbeda yang sangat berpengaruh didalam crankcase maupun didalam blok cylinder pada waktu bersamaan, sehingga mesin 2 tak mampu bekerja lebih efisien (hanya cukup 360 derajat putaran kruk as, dibanding 720 derajat putaran kruk as oleh mesin 4 tak) inilah yang menyebabkan ledakan tenaga mesin 2 tak terasa menyengat dibanding 4 tak. Rahasia tenaga mesin 2 tak adalah pengaturan kompresi primer dan sekunder didalam mesin.
        Inilah mengapa seringkali kita menyarankan pada rat rider kalau ingin mengirim mesin untuk dikerjakan sebaiknya seluruh mesin atau motornya dipaketkan sekalian, karena tidak cukup hanya modifikasi blok atau head saja. Mari kita amati cara kerja mesin 2 tak dalam sisi dinamika gas :
        1)    Awal mula piston berada pada titik mati atas (TMA , nol derajat kruk as) bunga api mulai meletik dan gas dalam ruang bakar menyebar dan mendorong piston turun sebagai awal langkah usaha. Gaya dorong piston ini menekan gas ke dalam crankcase hingga menyebabkan petal terbuka. Kompresi pada kruk as tersebut penting untuk menimbulkan kekuatan hisap pada reed valve, apalagi dibantu membran seperti v-Force dengan banyak katub buluh sehingga meski kompresi rendah campuran gas segar sudah dapat dengan mudah masuk. Pada sudut 90 derajat kruk as, dan piston berada dalam akselerasi negatif maksimum, porting exhaust terbuka sebagai tanda berakhirnya langkah usaha. Gas panas akan terbuang dengan sendirinya keluar ke knalpot. Kompresi pada kruk as mulai melemah saat porting transfer mulai terbuka. Tekanan dalam silinder harus diturunkan lebih rendah dari tekanan pada crankcase dengan tujuan agar gas yang tidak terbakar dapat keluar dari transfer ports selama masa pembilasan.
        2)    Transfer port terbuka sekitar 120 derajat sebelum titik mati bawah (TMB). Pembilasan dimulai. Artinya gas segar keluar dari porting transfer dan menyatu untuk membentuk sebuah siklus. Gas akan bergerak ke atas menuju belakang silinder dan berputar  terus membilas sisa gas pembakaran dari proses power stroke. Penting bahwa sisa gas pembakaran harus dibuang sempurna, untuk membuka ruangan bagi campuran udara segar ke dalam ruang bakar. Itu adalah kunci membuat tenaga besar pada mesin dua tak. Semakin banyak gas segar yang mampu di kompresi pada kubah pembakaran = semakin besar tenaga tercipta!
        porting 2 tak
        Sekarang gas segar juga turut terbuang hingga bagian header pada knalpot. Tapi gas segar ini tidak akan lolos begitu saja karena gelombang tekanan kompresi mempunyai pantulan dari desain ujung pipa knalpot yang baik, untuk membawa paket gas segar kembali ke dalam silinder sebelum piston menutup seluruh lubang porting. Inilah keunikan dari efek SUPER CHARGE pada mesin 2 tak. Dari sini terlihat betapa pentingnya desain knalpot 2 tak, perhitungan matang untuk mengurangi trial n error sangat dibutuhkan. Keunggulan utama dari mesin 2 tak adalah bahwa mereka mampu membakar lebih banyak udara/bahan-bakar dibandingkan kapasitas mesin yang terhitung melalui kalkulasi. Sebuah contoh : Mesin 4 tak 125 cc sesungguhnya mungkin hanya mampu membakar 110 cc campuran udara/bahan-bakar dalam silinder, dengan efisiensi pabrikan 88 % (kemungkinan lebih rendah dari itu) sedangkan mesin 2 tak 125 cc standard kemungkinan bisa membakar 180cc campuran udara-bahan bakar didalam silinder. Mampu melihat bedanya? Bisa membuat gambaran bagaimana merancang mesin 4 tak agar mampu melawan mesin motor 2 tak?
        porting 2 tak
        3)    Kini kruk as telah berputah melewati titik mati bawah (180 derajat) dan piston memulai langkah upstroke. Gelombang kompresi yang memantul dari pipa knalpot membawa gas segar kembali melewati exhaust port (kini juga berfungsi menjadi inlet port bukan?) seiring piston menutup seluruh porting maka kompresi dimulai. Di dalam kruk as, tekanan menjadi lebih rendah dari tekanan atmosfer, menimbulkan kevakuman dan hisapan ini akan mebuka katub buluh dan memasukkan gas segar ke dalam crankcase.
        4)    Gas yang tidak terbakar akan tertekan dan beberapa saat sebelum piston meraih TMA, sistem pengapian akan meletikkan bunga api dan memulai proses pengapian. Dan siklus akan terus berulang.
        Pelajari bagaimana proses dasar mesin 2 tak bekerja. Kapan porting mulai terbuka dan tertutup dalam durasi derajat kruk as, niscaya modifikasi kita akan berada pada jalan yang tepat.
        PORTING
        Tuning Blok 2 tak dengan bor 90 derajat... mantapp :: pro tuning
        Porting dalam silinder didesain oleh para insinyur untuk menciptakan tenaga dalam rentang RPM tertentu sehingga menghasilkan karakter mesin tersendiri. Mengurangi metal dalam porting (exhaust dan transfer) berarti merubah durasi, luasan area, volume, serta sudut porting dengan tujuan untuk menentukan rentang tenaga sesuai kondisi trak dan karakter pengemudi. Sebagai contoh, mengendarai RM250 pada pegunungan berbatu perlu penyetelan agar tenaga lebih berisi pada putaran bawah – menengah karena mendaki lembah dan kelembaban udara pegunungan. Bagaimana kita mampu memodifikasi sebuah mesin? Sebelumnya kita harus mendapat sebanyak mungkin data dan informasi tentang karakteristik mesin standard pabrikannya. Kalkulasi ini penting ketika menyangkut PORTING – LUASAN AREA – DURASI. Ukuran area porting dan durasi berhubungan dengan kapasitas mesin dan RPM (mirip durasi noken as bukan?) Kemudahan kita memahami mesin 4 tak akan membawa kita pada pemahaman lebih dalam pada dinamika mesin 2 tak. Mudah untuk membuat 2 tak kencang, lebih mudah membuat mesin 2 tak lambat. Dan perlu kalkulasi mendalam untuk menciptakan mesin 2 tak yang Sangat Kencang!.
        CYLINDER HEAD
        Cylinder heads bisa dibentuk ulang untuk menciptakan karakter mesin. Head dengan diameter kecil dan ruang bakar yang dalam, serta squish lebar ( 60% dari area boring ) Dikombinasi dengan rasio kompresi 9 : 1 akan sangat pas dengan karakter mesin motorcross. Serta beberapa kombinasi lain akan memunculkan karakter mesi yang berbeda. Squish lebar dengan kompresi tinggi akan menciptakan turbulensi gas dalam ruang bakar. Diukur dalam satuan Maximum Squish Velocity, dalam satuan meter per detil. Supercross engine harus memiliki MSV sekitar 28 m/s. Perlu software khusus untuk menghitung MSV. Dalam buku graham bell, ada patokan tersendiri untuk menentukan karakter mesin (power band – RPM range).
        CARBURETOR
        Karburator pada mesin 2 tak adalah nyawa setelah modifikasi porting dan pengaturan kompresi. Karena durasi porting akan mempengaruhi puncak RPM mesin maka venturi karburator yang pas harus dilakukan dengan hati-hati. Secara umum, karburator kecil memiliki velocity tinggi dan cocok untuk karakter mesin yang mengandalkan torsi , dan tenaga pada RPM menengah. Untuk mesin 2 tak 125 cc, karburator dengan venturi 34mm akan cocok untuk berlomba pada supercross yang membutuhkan tautan-tautan torsi menuju power sangat cepat. Karburator 36 mm akan bekerja untuk yang membutuhkan speed.
        REED VALVE
        Membran! Sudah kami bahas panjang lebar tentang pentingnya klep pada motor 2 tak ini. Berpikirlah membran ini seperti klep pada mesin 4 tak. Semakin besar klep dengan luasan area yang lebar akan sangat bermanfaat untuk diperas tenaganya pada putaran mesin tinggi. Membran dengan lidah berjumlah 6 atau lebih akan menjadi pemimpin di lomba, disaat mesin dengan katub buluh berjumlah 2 atau 4 kehabisan nafas.
        Ada 3 faktor penentu dalam pemilihan mebran : Sudut petal, Material petal, Ketipisan katub buluh. Rahasia tingkat tinggi ala mekanik internasional akan mudah kamu dapatkan pada membran buatan v-force, kala kita sudah kehabisan akal memodifikasi membran standard dengan main ganjal dan porting rumah membran. Material petal dari karbon kevlar yang sangat ringan akan membantu akselrasi hingga mensuplai di putaran tinggi. Pastikan mesin anda disokong perangkat isitimewa ini sebelum berlomba. Kekalahan akan terasa menyakitkan jika kita tidak mempersiapkan mesin pacuan kita dengan sempurna.
        PIPA KNALPOT
        Gelombang energi akan banyak dipasok dari hitungan dan desain knalpot yang tepat! Diameter, panjang, terutama 5 bagian utama dari pipa knalpot 2 tak akan menjadi daerah rawan untuk menciptakan tenaga pada RPM tertentu. Area itu adalah : Header, Difuser, Dwell, Baffle, dan Stinger. Secara umum, knalpot yang baik harus mampu menaikkan tenaga pada rpm lebih tinggi. Pastikan keseuaian silinder mesin dengan knalpot serta RPM yang akan sering dipakai sebelum memesan sebuah knalpot.
        Exhaust tuning
        Exhaust tuning
        TIPS UNTUK BORE UP CYLINDER
        Ketika kamu merubah kapasitas dalam silinder mesin, ada banyak faktor yang harus diperhatikan. Seperti : porting, rasio kompresi, jetting karburator, silencer dan timing pengapian. Ukuran dan durasi porting exhaust dan intake terbuka, berbanding dengan kapasitas mesin dan RPM. Ketika dinding liner digerus untuk memasukkan piston yang lebih besar, sadarkah bahwa transfer port akan berubah sudut, dan porting exhaust akan mengecil? Dan ketika kamu langsung saja melakukan hal ini, maka torsi pada RPM rendah akan melimpah, dan tenaga diputaran atas melemah.
        Merubah sudut ruang bakar harus dilakuakan , serta rasio kubah dengan squish harus diatur ulang menyesuaikan diameter piston yang baru. Piston lebih besar berarti turbulensi lebih keras, sehingga squish harus dipersempit. Volume kubah ruang bakar harus diatur menyesuaikan kapasitas mesin yang baru. Atau mesin hanya akan terasa ’berhenti’ di putaran tinggi, berlari datar begitu saja. Bahkan lebih buruk akan timbul detonasi.
         
        • cara membuat mesin drag motor vega

          Yang sama dengan Vega cuma Honda Grand Kalau motor lain sama cuma cocok untukharian maupun balap drag motor Memiliki kemampuan untuk membuat mesin memiliki .
          Cara membuat motor Vega ZR jadi Kencang Ini jawaban kenapa mesin motor balap roadrace atau drag yang diliput di tabloidmajalah .
          pertanyaan gimana sih mas cara mudah bikin motor Ini jawaban kenapa mesin motor balap roadrace atau drag yang yg terbuang dan ini akan membuat .
          Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk bikin motor kenceng satu rahasia korekan motor 4tak Namun harus dipahami dulu dasar mesin mas mw nanya ni klo motor vega .
          501 Watch Later Error cara membuat mesin motorFLV by 316 Watch Later Error drag motor Watch Later Error setting motor di bintaroyamaha vega R
           
          Related with cara membuat motor magnet CerwinVega Manual Blaupunkt Manual Grafik Disain dan Publishing Multimedia .
          motordi blog gw yang lalu gw bilang bikin motor lo jadi kenceng bisa maenin karburator aja dengan cara diproses sampai menghasilkan tenaga pada mesin motor .
          ajrutan cat dsb bisa membuat motor nanya Bos bagaimana nyetel mesin motor vega kayak mana yya cara modifikasi motor vega jadi motor drag.
          Cara pakainya panasi dahulu mesin motor tetapi jangan sampai salah satu faktor yang membuat motor Mending Engine Swap aja pake mesin Vega atau Vega R.
           
      sobat,... tadi tuh kan yg di atas gwe posting'a masalah garapan mesin untuk semua motor,,, truzz leat aja nih sekilas tentang cara kerja piston:

       

      cara kerja piston

      MENGENALI CARA KERJA MESIN 4 TAK


      Langkah Hisap
      Langkah Hisap
      Four stroke engine adalah sebuah mesin dimana untuk menghasilkan sebuah tenaga memerlukan empat proses langkah naik-turun piston, dua kali rotasi kruk as, dan satu putaran noken as (camshaft).
      Empat proses tersebut terbagi dalam siklus :
      Langkah hisap : Bertujuan untuk memasukkan kabut udara – bahan bakar ke dalam silinder.  Sebagaimana tenaga mesin diproduksi tergantung dari jumlah bahan-bakar yang terbakar selama proses pembakaran.
      Prosesnya adalah ;
      1. Piston bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB).
      2. Klep inlet terbuka, bahan bakar masuk ke silinder
      3. Kruk As berputar 180 derajat
      4. Noken As berputar 90 derajat
      5. Tekanan negatif piston menghisap kabut udara-bahan bakar masuk ke silinder
      —————————————————————————————————————————————–
      LANGKAH KOMPRESI
      Langkah Kompresi
      Langkah Kompresi
      Dimulai saat klep inlet menutup dan piston terdorong ke arah ruang bakar akibat momentum dari kruk as dan flywheel.
      Tujuan dari langkah kompresi adalah untuk meningkatkan temperatur sehingga campuran udara-bahan bakar dapat bersenyawa. Rasio kompresi ini juga nantinya berhubungan erat dengan produksi tenaga.
      Prosesnya sebagai berikut :
      1. Piston bergerak kembali dari TMB ke TMA
      2. Klep In menutup, Klep Ex tetap tertutup
      3. Bahan Bakar termampatkan ke dalam kubah pembakaran (combustion chamber)
      4. Sekitar 15 derajat sebelum TMA , busi mulai menyalakan bunga api dan memulai proses pembakaran
      5. Kruk as mencapai satu rotasi penuh (360 derajat)
      6. Noken as mencapai 180 derajat
      —————————————————————————————————————————————–
      LANGKAH TENAGA
      Langkah Tenaga
      Langkah Tenaga
      Dimulai ketika campuran udara/bahan-bakar dinyalakan oleh busi. Dengan cepat campuran yang terbakar ini merambat dan terjadilah ledakan yang tertahan oleh dinding kepala silinder sehingga menimbulkan tendangan balik bertekanan tinggi yang mendorong piston turun ke silinder bore. Gerakan linier dari piston ini dirubah menjadi gerak rotasi oleh kruk as. Enersi rotasi diteruskan sebagai momentum menuju flywheel yang bukan hanya menghasilkan tenaga, counter balance weight pada kruk as membantu piston melakukan siklus berikutnya.
      Prosesnya sebagai berikut :
      1. Ledakan tercipta secara sempurna di ruang bakar
      2. Piston terlempar dari TMA menuju TMB
      3. Klep inlet menutup penuh, sedangkan menjelang akhir langkah usaha klep buang mulai sedikit terbuka.
      4. Terjadi transformasi energi gerak bolak-balik piston menjadi energi rotasi kruk as
      5. Putaran Kruk As mencapai 540 derajat
      6. Putaran Noken As 270 derajat
      —————————————————————————————————————————————–
      LANGKAH BUANG
      Exhaust stroke
      Exhaust stroke
      Langkah buang menjadi sangat penting untuk menghasilkan operasi kinerja mesin yang lembut dan efisien. Piston bergerak mendorong gas sisa pembakaran keluar dari silinder menuju pipa knalpot. Proses ini harus dilakukan dengan total, dikarenakan sedikit saja terdapat gas sisa pembakaran yang tercampur bersama pemasukkan gas baru akan mereduksi potensial tenaga yang dihasilkan.
      Prosesnya adalah :
      1. Counter balance weight pada kruk as memberikan gaya normal untuk menggerakkan piston dari TMB ke TMA
      2. Klep Ex terbuka Sempurna, Klep Inlet menutup penuh
      3. Gas sisa hasil pembakaran didesak keluar oleh piston melalui port exhaust menuju knalpot
      4. Kruk as melakukan 2 rotasi penuh (720 derajat)
      5. Noken as menyelesaikan 1 rotasi penuh (360 derajat)
      —————————————————————————————————————————————–
      FINISHING PENTING — OVERLAPING
      Overlap adalah sebuah kondisi dimana kedua klep intake dan out berada dalam possisi sedikit terbuka pada akhir langkah buang hingga awal langkah hisap.
      Berfungsi untuk efisiensi kinerja dalam mesin pembakaran dalam. Adanya hambatan dari kinerja mekanis klep dan inersia udara di dalam manifold, maka sangat diperlukan untuk mulai membuka klep masuk sebelum piston mencapai TMA di akhir langkah buang untuk mempersiapkan langkah hisap. Dengan tujuan untuk menyisihkan semua gas sisa pembakaran, klep buang tetap terbuka hingga setelah TMA. Derajat overlaping sangat tergantung dari desain mesin dan seberapa cepat mesin ini ingin bekerja.
      manfaat dari proses overlaping :
      1. Sebagai pembilasan ruang bakar, piston, silinder dari sisa-sisa pembakaran
      2. Pendinginan suhu di ruang bakar
      3. Membantu exhasut scavanging (pelepasan gas buang)
      4. memaksimalkan proses pemasukkan bahan-bakar
      Oke dengan mengenal prinsip dan cara kerja mesin 4 tak, semoga dapat menjadi pegangan awal sebelum merencanakan modifikasi. Mana hal yang penting untuk dimanfaatkan agar proses langkah tenaga bekerja optimal. Tetap sehat… Tetap semangat! Biar bisa modifikasi mesin tiap hari :)
       
       
       
       
       
     
     



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar